3
RPP Pendidikan Agama Hindu SMP Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini merupakan perangkat terbaru yang akan kami share dalam postingan saya kali ini untuk Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti tingkat SMP. Sesuai dengan jumlah agama yang diakui negara, terdapat 5 mata pelajaran Pendidikan Agama yakni Islam, Kristen, Hidu, Budha, Katolik, dan Konghucu. Selain RPP Agama Hindu Kelas 7, 8, 9 K13, anda juga bisa mendapatkan mapel agama lainnya dalam artikel berikutnya.

Perangkat Pembelajaran yang wajib dibuat guru tidak hanya RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), tetapi juga anda harus menyusun Program Tahunan, Program Semester, Silabus, Format KKM, Format Nilai, yang dapat anda download secara gratis dalam blog ini khusunya Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SMP Kurikulum 2013.

RPP Agama Hindu Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP Agama Hindu SMP Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2


RPP K13 PA Hindu - BP Kelas 7 Semester 1 & 2
RPP K13 PA Hindu - BP Kelas 8 Semester 1 & 2
RPP K13 PA Hindu - BP Kelas 9 Semester 1 & 2

Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP
  1. RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran
  2. RPP dikembangkan guru dengan menyesuaikan silabus dengan kondisi di satuan pendidikan
  3. RPP mendorong partisipasi aktif siswa.
  4. RPP sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan siswa sebagai manusia yang mandiri dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan belajar, dan kebiasaan belajar.
  5. RPP mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung. Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  6. RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, remidi, dan umpan balik. Disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. RPP disusun dengan mengakomodasi pembelajaran tematik, keterpaduan lintas matapelajaran untuk sikap dan keterampilan, dan keragaman budaya. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasikan secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. 
Untuk lebih valid dalam membuat RPP Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 (dan RPP lainnya secara umum), tentu kita harus merujuk pada panduan yang sudah dibuat oleh pemerintah yang menjabarkan beberapa komponen yang harus terkandung dalam RPP kurikulum 2013.  Komponen tersebut meliputi :
  1. Kelas/ Semester
  2. Materi Pokok 
  3. Alokasi Waktu
  4. Kompetensi Inti (KI)
  5. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi
  6. Tujuan Pembelajaran
  7. Materi Pembelajaran
  8. Metode Pembelajaran
  9. Media, Alat, dan Sumber Belajar
  10. Langkah-langkan kegiatan pembelajaran
  11. Penilaian


File tersebut di atas tersimpan di Google Drive dengan demikian akan sangat terjamin keamanannya, terhindar dari infeksi virus seperti malware dan adware.
Software Pendukung: Microsoft Excel [xlsx] | Microsoft Word [docx] | [pdf]
Sosmed : Facebook | Google Plus | Twitter

Diharapkan dengan RPP Pendidikan Agama Hindu SMP Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini dapat menjadi referensi yang membantu anda dalam membuat administrasi atau perangkat pembelajaran untuk diterapkan disekolahnya. Kritik dan sarang sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Blog ini menyediakan berbagai Perangkat Pembelajaran Lengkap khususnya tingat SMP/ MTs baik Kurikulum 2013 maupun KTSP.

Posting Komentar

 
Top